Contoh Skripsi : Efisiensi Sistem Turbin Gas Kapasitas 21,5 MW saat Daya Bangkitan Harian Rata-rata 16,4 MW.

 

ABSTRAK

 

 

            PLTG merupakan salah satu jenis pembangkit listrik di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan listrik. Komponen utama PLTG adalah kompresor, ruang bakar, turbin gas dan generator. Salah satu parameter yang menunjukan prestasi kerja PLTG adalah efisiensi. Siklus Brayton merupakan prinsip dasar operasi pembangkitan listrik tenaga gas. Perhitungan efisiensi sistem turbin gas, dengan cara siklus Brayton, berbasis pada energi termal yang dikandung udara. Perhitungan efisiensi sistem turbin gas unit III PLTG Sunyaragi menggunakan dua metode. Metode pertama berdasar pada siklus Brayton dan metode kedua berdasarkan data operasi aktual sistem. Efisiensi sistem turbin gas berdasarkan data operasi aktual antara 23,6 % - 26,0 %. Efisiensi termal sistem turbin gas berdasarkan siklus Brayton antara 12,6 % - 20,7 %.


BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang

            Dewasa ini, listrik menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Sektor rumah tangga, bangunan komersial, dan industri membutuhkan listrik untuk mendukung setiap aktivitas. Kebutuhan ini timbul akibat penggunaan teknologi untuk membantu aktivitas manusia yang semakin meningkat. Dampak dari realita ini adalah kebutuhan terhadap energi listrik terus bertambah.

            Di Indonesia beberapa jenis pembangkit dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Tiap-tiap sistem memiliki daerah kerja yang berbeda. Kestabilan daya pembangkit dipengaruhi oleh permintaan konsumen/beban.          PLTG Sunyaragi Cirebon merupakan anak cabang dari unit pembangkitan Semarang. Perusahaan ini memiliki empat unit sistem turbin gas dengan daya terpasang 21,5 MW dan dioperasikan secara bergantian sesuai dengan permintaan dari konsumen. Sistem ini menggunakan bahan bakar solar (HSD) dan gas alam. Harga bahan bakar merupakan dasar pertimbangan pemilihan jenis bahan bakar untuk pembangkitan.

            PLTG difungsikan untuk mengatasi kebutuhan energi listrik saat beban puncak. Alasan pemilihan jenis pembangkit ini adalah operasi penyediaan daya dibangkitkan lebih cepat. Kelebihan lain yang dimiliki yaitu untuk menghasilkan daya yang besar dibutuhkan ruangan yang kecil. Konsumsi energi pada peralatan PLTG bersumber dari putaran turbin gas. Daya poros yang dihasilkan turbin gas digunakan untuk memutar accessory gear. Alat ini digunakan untuk memutar alat-alat pendukung, yaitu pompa dan kompresor pengabut. Beberapa kelebihan dari sistem ini menjadikan alasan pemilihan judul tugas akhir Efisiensi Sistem Turbin Gas Kapasitas 21,5 MW saat Daya Bangkitan Harian Rata-rata 16,4 MW.



NOMOR FILE SKRIPSI : Konversi energi

DOWNLOAD DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kata Pembuka Sidang Skripsi dan Presentasi

Contoh Skripsi : HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KEADAAN PSIKOLOGI IBU MENOPAUSE DI DESA WONOSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAGU KABUPATEN KEDIRI

Contoh Skripsi : KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PRE EKLAMPSIA - EKLAMPSIA DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI PERIODE 1 JANUARI–31 DESEMBER 2007