Contoh Skripsi : PENGENDALIAN HARGA DAN PELAYANAN SEBAGAI STRATEGI PADA PT. SAMUDERA PURANABILE ABADI BITUNG UNTUK PENGEMBANGAN PASAR SASARAN
ABSTRAK
SUPIANTO GINTING, Pengendalian Harga Dan Pelayanan Sebagai Strategi Pada PT. Samudera Puranabile Abadi Bitung Untuk Pengembangan Pasar Sasaran (dibawah bimbingan IR. James Rompas, Msi dan Basmi Said, SE)
Pengendalian merupakan usaha yang dilakukan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan penetapan harga dan pelayanan kemudian menganalisa kebijakan harga dan pelayanan tersebut serta memberikan kesimpulan serta saran guna mencapai tujuan perusahaan yang lebih maksimal.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif yang memaparkan secara deskriptif, yaitu setiap data yang diperoleh dari responden yang diperoleh selama pengumpulan data dikomplikasi kemudian dianalisis dengan merangkum dan meringkas sehingga menghasilan temuan penelitian .
Kuantitas doking kapal kayu yang merupakan segmen perusahaan mengalami penurunan dari tahun ketahun, yaitu pada tahun 2005 turun sebesar 7,09 % dan tahun 2006 sebesar 3,39 % dengan masa “idle time” tahun 2004 selama 4,5 bulan atau 36,5 %. Ditambah kondisi ekonomi secara makro yang kurang stabil sehingga dapat mengganggu kontinuitas perusahaan.
Maka pada awal tahun 2006 pihak manajemen berupaya mengembangkan segmen pasar perusahaan disamping fokus ke kapal kayu kemudian mulai ke kapal baja dengan mengendalikan harga dan pelayanan untuk meningkatkan kuantitas pelanggan baru perusahaan.
Net profit marjin perusahaan untuk pekerjaan reparasi dari harga pasar adalah sebesar 19,23 % atau dalam 1 kg pekerjaan replating perusahaan memperoleh laba sebesar Rp. 3.269,5 dan 20-30 % untuk pekerjaan lainnya.
Pengendalian harga yang dilakukan ialah dengan menurunkan harga standar/pasar pekerjaan yaitu harga pekerjaan sanblasting sebesar 8,33 %, harga pengecatan 9,09 % dan replating sebesar 8,82 % dari harga pasar. Disamping itu, termasuk harga naik/turun kapal dan helling sebesar 10 %. Serta peningkatan pelayanan dilakukan dengan menambah fasilitas kerja dan kemudahan dalam administrasi.
PT. Samudera Puranabile Abadi Bitung melakukan kebijakan harga dengan cara negosiasi atau kesepakatan bersama dengan mempertimbangkan harga standar/pasar terhadap beberapa jenis pekerjaan yang bervolume besar seperti sanblasting, pengecatan, replating, naik turun kapal dan helling.
Pada tahun 2006, kuantitas doking kapal baja mengalami kenaikan yaitu sebesar 75 % dari tahun 2005 dan 7,14 % pada akhir Juni 2007, dihitung berdasarkan kuantitas kapal baja tahun sebelumnya. Dimana perusahaan mulai mampu mendatangkan pelanggan baru dari segmen kapal baja yang sebelumnya doking di galangan lain.
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL ………………………………………………… i
LEMBAR PERSETUJUAN ………………………………… ……... ii
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………… ……... iii
MOTTO …………..…………………………………………… …… iv
KATA PENGANTAR ………………………………………… …… v
ABSTRAK ……………………………………………… ……… …. vii
DAFTAR ISI ………………………………………………… …….. viii
DAFTAR TABEL ................................................................................ x
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………... xi
DAFTAR LAMPIRAN ........................................................................ xii
BAB I PENDAHULUAN.
1.1. Latar Belakang ......... ..………………………….. 1
1.2. Rumusan Masalah ...........………………………… 6
1.3. Tujuan Penelitian ........................................……… 7
1.4. Manfaat Penelitian .................................................. 7
BAB II KERANGKA PEMIKIRAN TEORITIS
2.1. Pengertian Sistem ................................................... 9
2.2. Pengertian Pegendalian Dan Manajemen ............... 9
2.3. Sistem Pengendalian Manajemen ............................ 11
2.4. Elemen Sistem Pengendalian Manajemen ............... 12
2.5. Perencanaan Strategi .............................................. 13
2.6. Hubungan Formulasi Strategi Dengan
Pengendalian Manajemen ....................................... 17
2.7. Pelayanan ............................................................... 17
2.8. Harga ...................................................................... 18
2.9. Pasar Sasaran ......................................................... 21
2.10. Pengendalian ......................................................... 22
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.
3.1. Waktu Dan Tempat Penelitian ..................……….. 24
3.2. Data Dan Sumber Data …... ..... …………………… 24
3.3. Metode Pengumpilan Data ………………………. 25
3.4. Defenisi Operasional ............................................... 26
3.5. Metode Analisis ...................................................... 27
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Deskripsi Objek Penelitian ................. .………….. 29
4.2. Hasil Analisis Dan Pembahasan ………………….. 44
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan .......………..………………………….. 74
5.2. Saran ..... ………………….…..…………………… 75
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................... 76
LAMPIRAN ........................................................................................ 77
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Ditengah bergulirnya era globalisasi, yang dibarengi dengan berkembangnya sistem perekonomian dunia, telah membawa perubahan besar terhadap paradigma manusia. Dari sisi ekonomi, era informasi merupakan masa dimana setiap orang dapat menjadi pelaku bisnis dan memiliki hak lebih dalam menguasai dan mengelola faktor-faktor produksi sebagai aset individu maupun bersama.
Ilmu pengetahuan dan tegnologi yang semakin berkembang, turut memberikan kontribusi yang vital dalam menjembatani kemajuan ini. Sistem informasi yang tidak dibatasi oleh tempat dan ruang lagi, kelajuan dengan nanodetik, fasilitas infrastruktur memadai dan suprastruktur yang canggih, serta lingkungan yang dinamis, menantang setiap pelaku bisnis untuk beradaptasi dan berkompetisi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
INGIN MEMILIKI FILE CONTOH SKRIPSI INI?? HANYA DENGAN RP. 35.OOO,
ORDER VIA CHAT WA.
NOMOR FILE SKRIPSI : Manajemen Pemasaran 5
Komentar
Posting Komentar