Contoh Skripsi dan Tips Pemilihan Judul Skripsi

Contoh skripsi merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam menyusun skripsi. Jika kita tidak punya ide awal dalam penyusunan skripsi, contoh skripsi bisa sangat membantu memberikan ide awal. Setidaknya dengan adanya contoh skripsi ini bisa dijadikan gambaran bukan untuk menyalin secara utuh skripsi yang kita jadikan sumber contoh.



Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan. Skripsi juga bisa dalambentuk studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Intinya skripsi merupakan persyaratan terakhir seorang mahasiswa untuk mencapai gelar sarjana nya.

Contoh Skripsi dan Tips Pemilihan Judul Skripsi


Skripsi adalah mata kuliah yang berbeda sendiri dari kelas-kelas lainnya yang telah di ambil selama S-1. Kita tidak hanya harus menandatangani daftar presensi dan duduk mendengarkan kuliah dosen, tapi juga diminta menulis 10,000-15,000 kata tentang suatu fenomena atau topik tertentu.


Karena sifatnya yang lebih menantang, wajar saja jika mata kuliah satu ini ampuh membuat mahasiswa jadi galau dan mendadak hilang arah. Usut punya usut, kegalauan skripsi seringkali bermula dari tidak adanya ide di kepala. Judul ditolak, sementara si mahasiswa tidak ada ide yang lain untuk diajukan.


Menyusun sebuah skripsi bisa menguras banyak energi dan mengorbankan banyak hal. Salah satu pengorbanan terbesar dalam menyusun sebuah skripsi adalah pengorbanan perasaan. Bagaimana tidak kesal jika draf skripsi yang telah kita susun sampai larut malam ternyata di coret-coret begitu saja oleh dosen pembimbing.


Hal krusial yang paling penting adalah menentukan tema atau judul dari skripsi yang akan kita buat. Pada saat seperti inilah kita terkadang membutuhkan referensi contoh skripsi. Sekali lagi ditegaskan, bahwa contoh skripsi ini bukan di salin secara keseluruhan, melainkan hanya digunakan untuk gambaran awal saja untuk menentukan tema atau judul. Untuk selanjutnya, tentu saja isi dari skripsi yang akan kita susun harus berbeda dengan contoh skripsi yang kita gunakan.


Ada beberapa tips dalam pemilihan judul skripsi yang bisa kita terapkan, antara lain:


1. Pilih judul yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kita miliki.

2. Pilih judul skripsi yang memiliki bayak sumber referensi. Referensi ini kelak akan sangat membantu kita dalam meyusun skripsi kedepannya. Salah satunya referensi contoh skripsi yang sudah ada.

3. Tentukan jenis skripsi, apakah berdasarkan penelitian langsung dilapangan atau berdasarkan tijauan pustaka.

4. Rangkailah kata-kata pada judul skripsi semenarik mungkin, agar orang minat mengetahui isi dari skripsi yang akan kita susun.

5. Hindari judul skripsi yang nantinya akan di bimbing oleh dosen pembimbing yang dikenal susah.

6. Siapkan setidaknya dua contoh skipsi yang digunakan sebagai panduan.

Untuk contoh skripsi yang kita gunakan sebaiknya setidaknya menggunakan jenis objek yang sama dengan skripsi yang akan kita buat. Misalnya skripsi yang akan kita buat menggunakan objek “motor bebek 2 langkah” maka contoh skripsi yang harus kita jadikan rujukan menggunakan objek “motor bebek berbahan bakar bensin”.

Dalam menentukan judul skripsi, sebisa mungkin mencerminkan permasalahan yang sering diajukan oleh skripsi lain. Hal ini bertujuan agar kita tidak kesulitan mencari sumber referensi dan contoh skripsi yang kita butuhkan.

Penulisan landasan teori harus dari banyak sumber dan usahakan dalam penyajiannya menggunakan bahasa sendiri, jadi tidak copy paste langsung dari sumbernya. Penggunaan bahasa sendiri ini agar terlihat secara teori dasar, kita sangat menguasai tema dari skripsi yang akan kita susun.

Untuk metode analisis nya gunakan metode sesimpel mungkin dan gunakan metode analisis yang paling kita kuasai, tujuannya agar saat sidang nanti kita bisa menjawab dengan mudah pertanyaan dari penguji.

Di web ini ada beberapa contoh judul skripsi yang bisa di jadikan referensi untuk daftarnya bisa dilihat di sini. Di web ini pula, kumpulan skripsi ini bisa di download dan di jadikan bahan referensi.


Selain memilih judul, kita juga harus mempersiapkan tema skripsi yang nantinya akan dibahas. Tidak perlu berpikir jauh-jauh dan super canggih untuk memilih tema skripsi yang akan kita bahas. Terkadang tema skripsi justru muncul dari kehidupan kita sehari-hari dan lingkungan sekitas kita. Ada beberapa cara untuk menentukan ide tema skripsi, antara lain:


1. Mulailah mencari tema skripsi dengan cara bertanya pada diri sendiri tentang hal apa yang paling diminati

Mengejarkan skripsi tentu butuh semangat dan niat yang besar serta semangat yang tak boleh padam. Ide yang benar-benar menarik minat akan berpengaruh besar dalam membantumu mempertahankan semangat. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika ide tema skripsi muncul dari hal yang diminati.


2. Baca kembali skripsi-skripsi beberapa tahun yang lalu telah dibuat oleh senior terdahulu.

Tidak sedikit mahasiswa yang lulusnya harus tertunda karena terhambat skripsi. Salah satu alasanya adalah tema atau topik skripsi yang tak ada. Salah satu cara mencari ide tema skripsi adalah dengan membongkar kembali skripsi senior terdahulu yang telah terarsip rapih di perpustakaan jurusan. Skripsi tersebut cukup kita lihat abstraksi dan rumusan masalahnya saja, tidak perlu di baca sampai habis.


“Hal yang harus di catat adalah kita tidak boleh meng-copy paste keseluruan isi skripsi tersebut. Di web ini terdapat pula kumpulan skripsi jurusan kedokteran yang bisa dijadikan rujukan.“


3. Mendapatkan ide dengan merujuk pada jurnal lama dengan tujuan untuk mengembangkan penelitian yang sudah ada

Membaca jurnal ilmah merupakan salah satu cara mencari ide tema skripsi yang patut di coba. Jurnal ilmiah ini bisa diperoleh dari perpustakaan kampus atau situs internet. Bukan hal yang tidak mungkin dalam jurnal imiah itu terdapat kekurangan data atau membutuhkan informasi tambahan untuk memperkuat jurnal tersebut. Kekurangan itu lah yang bisa kita manfaatkan menjadi ide tema skripsi.


“Mengembangkan ide seperti ini bukan berarti plagiat, tetapi justru menyempurnakan ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Di web ini terdapat juga kumpukab skripsi untuk jurusan ekonomi yang bisa di download.”


4. Situs berita terpercaya dan media cetak ilmiah bisa menjadi sumber inspirasi ide tema skripsi

Tidak hanya jurnal ilmiah dan naskah skripsi angkatan sebelumnya yang bisa dijadikan sumber tema skripsi. Situs berita terpercaya dan media cetak ilmiah pun bisa kita jadikan sumber referensi tema pengabilan judul skripsi.


Fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini bisa menjadi rumusan masalah untuk skripsi. Untuk mahasiswa geografi, tidak ada salahnya membuat penelitian tentang penyebab suatu daerah sering terkena bencana. Sedangan untuk yang mahasiswa ilmu politik, bisa juga menjadikan perbedaan tingkah politik yang sering muncul belakangan ini dan menjadi topik hot di semua media massa.


5. Bertukar pikiran dengan kakak senior bisa pula menjadi sumber ide tema skripsi yang akan di garap.

Kita bisa minta kakak senior untuk sharing sedikit tentang skripsinya, atau mungkin jika kita sudah punya ide tapi ragu untuk menjadikannya tema skripsi, cobalah minta pendapat dan masukannya. Berdiskusilah secara interaktif. Tidak jarang kita bisa menemukan pencerahan atau titik terang untuk skripsi. Dengan demikian, kita bisa makin akrab dan kuliahmu juga cepat selesai. 


6. Saking lamanya menghilang dari kampus, wajar jika tak punya ide penelitian. Jadi, jangan ragu sit in di kelas yang berhubungan dengan minatmu.

Meski semua teori sudah selesai, ide skripsi yang tidak pernah datang seringkali membuat mahasiswa lulus lama. Mahasiswa semester tua yang tidak pernah datang ke kampus tapi belum lulus pun harus rela menjadi gelar yang diterima. Tidak jarang, terlalu lamanya menghilang dari kampus justru bikin idemu makin surut.


Untuk mengatasi itu semua, bisa coba sit in di kelas yang berhubungan dengan minat skripsimu. Dengarkan dosen ceramah dan semua diskusi yang terjadi, maka ini bisa mengingat kembali materi yang dulu pernah di dapat.


7. Lulus cepat bukan lagi mimpi, dengan cara mengubur mimpi : jadi mahasiswa yang sempurna dengan skripsi spektakuler dan IPK brilian.

Banyak mahasiswa yang lulus lama karena terlalu perfeksionis untuk membuat skripsi yang bertema berat dan berskala internasional. Alih-alih bisa lulus cepat, kadang hal ini justru membutuhkan waktu yang lama dan ilmu yang dalam untuk menyelesaikannya. Jika sudah dipenghujung batas waktu kuliah, cobalah sedikit realistis dengan membuat skripsi yang ringan-ringan saja.


Kita bisa mengambil tema yang bisa dilakukan dengan metode yang mudah, memungkinkan untuk diselesaikan cepat, dan tidak terlalu kompleks. Karena skripsi adalah ajang untuk latihan penelitian, dan tidak memalukan jika kita memilih tema yang mudah.


8. Sudah punya ide, tapi masih tak yakin dengan kualitas ide tersebut, jangan sungkan meminta pendapat dosen pembimbingmu.

Selain perfeksionis, rasa ragu dan rendah diri sering menjadi hambatan untuk bisa lulus cepat. Mungkin kita sudah melakukan tips di atas, tapi masih kurang merasa percaya diri dengan ide sendiri. Sadarlah, kamu punya dosen pembimbing yang siap menjadi teman diskusi dan inilah salah satu fungsi dari dosen pembimbing, maka manfaatkanlah.


Mintalah pendapat dan masukan dosen pembimbing mu untuk semua ide yang telah terlintas di pikiran. Terkadang kita akan mendapatkan masukan yang jauh dari perkiraan. Tema yang selama ini di anggap remeh, bagi beliau temamu itu malah dinilai bagus dan bisa dikembangkan jadi lebih bagus lagi.


9. Bergabung dalam proyek dosen yang sedang berjalan, bisa juga menjadi sumber inspirasi tema skripsi yang akan kita buat.

Selain membuat skripsi secara mandiri, kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam proyek dosen. Mungkin salah satu dosen di kampusmu sedang melakukan penelitian yang mendapatkan hibah dari pemerintah. Tidak jarang beliau akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut serta mengerjakannya.


Sembari membantu beliau, proyek ini juga bisa di jadikan sebagai sumber tema skripsi. Selain jadi lebih hemat dana, kita juga tidak perlu lagi pusing-pusing mencari tema.


Demikian artikel yang membahas tentang pentingnya contoh skripsi sebagai rujukan saat menyusun skripsi dan beberapa tips dalam mencari judul yang akan digunakan untuk menyusun skripsi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kata Pembuka Sidang Skripsi dan Presentasi

Contoh Skripsi : HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KEADAAN PSIKOLOGI IBU MENOPAUSE DI DESA WONOSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAGU KABUPATEN KEDIRI

Contoh Skripsi : KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PRE EKLAMPSIA - EKLAMPSIA DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI PERIODE 1 JANUARI–31 DESEMBER 2007