Contoh Skripsi : BUNGA RAMPAI MANAJEMEN PALAYANAN PUBLIK

 

ABSTRAKSI


Bank Islam beroperasi berdasarkan prinsip bagi-hasil dan margin keuntungan. Salah satu produk bank Islam yang menguasai hampir seluruh total investasi adalah pembiayaan murabahah yaitu jual-beli pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati dengan alasan bahwa pembiayaan murabahah tersebut merupakan investasi jangka pendek dengan resiko yang cukup kecil.

 

Masalah yang timbul kemudian adalah mengenai pengukuran akuntansi biaya, pendapatan dan laba operasi pembiayaan murabahah. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan di antara bank-bank Islam dalam menggunakan dasar dan metode pengukuran biaya, pendapatan dan laba operasi pembiayaan murabahah, maka perlu untuk menstandardisasikan penerapan metode pengukuran biaya, pendapatan dan laba operasi dalam pembiayaan murabahah di bank Islam yang paling sesuai dengan prinsip dan ketentuan syariah Islam dan didukung oleh kesepakatan atau persetujuan sebagian besar para ahli syariah (jurist).

 

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana penerapan metode pengukuran biaya, pendapatan dan laba operasi murabahah pada Bank Muamalat Indonesia  (BMI) sebagai salah satu bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah serta menjelaskan sejauh mana pengukuran biaya, pendapatan dan laba operasi pembiayaan murabahah pada bank tersebut telah sesuai dengan standar akuntansi yang khusus diberlakukan untuk  perbankan syariah khususnya operasi pembiayaan murabahah.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisa kualitatif-deskriptif dengan studi kasus pada BMI dan didukung dengan  studi literatur. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum BMI telah menerapkan metode pengukuran biaya, pendapatan dan laba operasi pada pembiayaan murabahah sesuai dengan standar akuntansi untuk perbankan syariah di Indonesia mulai awal tahun 2000 yang merujuk pada FAS-IBFI (Financial Accounting Standard for Islamic Bank and Financial Institution).  Dan jika ada hal atau perlakuan  akuntansi yang berbeda dalam bank tersebut maka harus berdasar pada fatwa Dewan Pengawas Syariah dan  diungkapkan dalam laporan keuangan tahunan bank.


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR  

DAFTAR ISI  

 

1. MANAJEMEN SEKTOR PRIVAT DAN SEKTOR PUBLIK  

Norveman Duadji & Novita Tresiana

 

2. RAHASIA JABATAN DAN NETRALITAS PEGAWAI PENGARUHNYA

TERHADAP MONOLOYALITAS PELAYANAN PUBLIK  

Tijan & Mahardin Tegap

 

3. EFISIENSI, EFEKTIFITAS DAN EKONOMI DALAM PELAYANAN

PUBLIK  

Margono & Nur Wahyu Rochmadi

 

4. MENJAMIN AKUNTABILITAS PEJABAT PUBLIK  

Fadillah Putra & Karjuni Daetuk Maani

 

5. SIGNIFIKANSI KEPEMIMPINAN MANAJER PUBLIK GUNA

MEMPERBAIKI KEGAGALAN-KEGAGALAN PADA SISTEM

PEMERINTAHAN  

Ali Imron & Jumiati

 

6. MENYOROTI MEROSOTNYA PROFESIONALISME PELAYANAN

PUBLIK  

Yasril Yunus & Abdullah Said

 

7. ETIKA PELAYANAN PUBLIK  

Petrus Toda Atawolo & Marthinus Mandagi

 

8. MENGOPTIMALKAN PRODUKTIVITAS MELALUI PRIVATISASI

DAN MANAJEMEN WIRAUSAHA  

Elvis Sahri Munir & Hermawan

 

9. PEMERINTAH YANG DIGERAKKAN OLEH MISI DAN BERORIEN-

TASI PADA PELANGGAN  

Hadi Soekanto & Sri Untari

 

10.REFORMASI LAYANAN UMUM:

MENEMUKAN KEMBALI ATAU MELEPASKAN BEBAN  

Lukman Arif & Kartika Ningtias

 

11.BANISHING BUREAUCRASY:

THE FIVE STRATEGIES FOR REINVENTING GOVERNMENT  

Unggul & Heryono Susilo Utomo


 BAB I

PENDAHULUAN


1.1.Latar Belakang Masalah 

Dalam dunia modern dewasa ini, kehidupan ekonomi tidak dapat dilepaskan dari keberadaan serta peran serta penting sektor jasa keuangan pada umumnya dan perbankan pada khususnya. Lembaga perbankan merupakan unsur pokok dari sistem pembayaran. Melalui sektor jasa keuangan inilah, dana atau potensi investasi yang ada pada masyarakat disalurkan ke dalam kegiatan-kegiatan produktif, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terwujud. 

Bank Islam sebagai salah satu lembaga perbankan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip  dan nilai-nilai syariah memiliki tiga azas yang melandasi praktek cara kerjanya, yaitu : azas moral kemanusiaan, azas tanpa bunga, azas profit and loss sharing. Konsep perbankan Islam dengan ketiga azas tersebut adalah bagian integral dari keseluruhan value system dalam Islam, sehingga karenanya memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial, keadilan sosial dan stabilitas nasional yang merupakan syarat mutlak berseminya komitmen perbankan yang mendukung program-program restrukturisasi bidang ekonomi.

Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah dan Bank Indonesia sebagai suatu badan yang memiliki wewenang untuk mengatur perkreditan nasional telah mengeluarkan UU No. 10 Tahun 1998 yang merupakan perubahan dari UU No.7 tahun 1992 tentang Perbankan. UU tersebut memberikan pengakuan yang lebih tegas

INGIN MEMILIKI FILE CONTOH SKRIPSI INI?? HANYA DENGAN RP. 35.OOO, 

ORDER VIA CHAT WA.



NOMOR FILE SKRIPSI : Skripsi Administrasi negara 2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kata Pembuka Sidang Skripsi dan Presentasi

Contoh skripsi: Angkringan dan Mahasiswa” (Suatu studi tentang Pemaknaan Angkringan Oleh Para Mahasiswa Unsoed).

Contoh Skripsi : TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGAWASAN HAKIM OLEH KOMISI YUDISIAL PASCA KELUARNYA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI ATAS UU NO. 22 TAHUN 2004