Contoh Skripsi: ANALISA EFEKTIFITAS IKLAN MEDIA TELEVISI DJARUM SUPER MEZZO VERSI “BERLARI DAN MELAYANG” MENGGUNAKAN EPIC MODEL PADA MAHASISWA S-1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

 

RINGKASAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas sebuah iklan, dimana dalam hal ini adalah iklan televisi Djarum Super Mezzo versi “berlari dan melayang” dengan menggunakan EPIC model pada mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang masih aktif s/d tahun ajaran 2005/2006.

Penelitian dengan mengambil populasi dan sampel pada mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya ini adalah termasuk dalam jenis penelitian survay dengan alat pengumpulan data utama berupa kuesioner. Lembar kuesioner sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) bagian ,yaitu : profil/ demografi responden, brand awareness, dan pernyataan-pernyataan responden mengenai dimensi-dimensi EPIC, yaitu meliputi dimensi Empathy, dimensi Persuasion, dimensi Impact, dan dimensi Communication.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisa metode EPIC terhadap iklan tv Djarum Super Mezzo versi “berlari dan melayang” adalah penghitungan dimensi empathy diperoleh nilai/skor rata-rata 4,437 yang berarti efektif. Dalam penghitungan dimensi persuasi diperoleh nilai/skor rata-rata 3,891 yang berarti cukup efektif. Dimensi impact (dampak) sebagai parameter product knowledge diperoleh nilai/skor rata-rata 3,613 yang berarti cukup efektif. Dan untuk dimensi komunikasi diperoleh hasil sebesar 3,848 yang berarti cukup efektif.


DAFTAR ISI

 

Hal.

Kata Pengantar  i

Daftar Isi  iii

Daftar Tabel  vi

Daftar Gambar  vii

Daftar Lampiran  viii

Ringkasan  ix

 

BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Permasalahan 1

1.2. Rumusan Masalah 6

1.3. Tujuan Penelitian 7

1.4. Kegunaan Penelitian 7

1.5. Batasan Masalah---------------------------------------------- 7

1.6. Sistematika Penulisan 8

 

BAB II. LANDASAN TEORI

2.1. Pemasaran ------------------------------------------------ 10

2.2. Manajemen Pemasaran 11

2.3. Bauran Pemasaran 11

2.3.1. Produk 12

2.3.2. Harga 13

2.3.3. Tempat/ Saluran Distribusi 14

2.3.4. Promosi 14

2.4. Bauran Promosi 15

2.5. Periklanan (Advertising) 16

2.5.1. Definisi Periklanan 16

2.5.2. Tujuan Periklanan 17

2.5.3. Sasaran Periklanan 22

2.5.4. Kelebihan dan Kelemahan Periklanan 23

2.5.5. Merencanakan Media Periklanan 24

2.5.6. Kelebihan dan Kelemahan TV Sebagai

          Media Periklanan 25

2.6. Iklan Efektif 31

2.7. Strategi Pembuatan Iklan yang Efektif ---------------------------- 33

2.8. Pengukuran Efektifitas Periklanan --------------------------------- 36

2.9. Periklanan Dari Perspektif Komunikasi --------------------------- 39

2.9.1. Proses Komunikasi -------------------------------------------- 41

2.10. EPIC Model  ----------------------------------------------------------- 44

2.11. Konsep Penelitian 46

 

BAB III. METODE PENELITIAN

3.1. Ruang Lingkup Penelitian 47

3.2. Jenis Penelitian 47

3.3. Populasi Dan Sampel 48

3.3.1. Populasi --------------------------------------------------------- 48

3.3.2. Sampel ---------------------------------------------------------- 4

3.4. Jenis Data -------------------------------------------------------------- 51

3.5. Teknik Pengumpulan Data ------------------------------------------ 52

3.6. Definisi Operasional Variabel --------------------------------------- 53

3.7. Variabel Penelitian--------------------------------------------------------- 54

3.7.1. Brand Awareness ---------------------------------------------- 54

3.7.2. EPIC Model  ----------------------------------------- 54

3.8. Skala Pengukuran ------------------------------------------------------ 56

3.9. Metode Analisis Data 5

3.9.1. Uji Validitas ---------------------------------------------------- 5

3.9.2. Uji Reliabilitas -------------------------------------------------- 5

3.9.3. Analisis Tabulasi Sederhana --------------------------------- 53

3.9.4. Skor Rata-Rata ------------------------------------------------- 54

 

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1. Hasil Penelitian 61

4.1.1. Gambaran Umum Iklan TV Djarum Super

          Mezzo versi “Berlari dan Melayang” 61

4.1.2. Gambaran Umum Responden 63

4.1.3. Hasil Riset Terhadap Brand Awareness  68

4.2. Analisa Hasil Penelitian 72

4.2.1. Hasil Uji Validitas dan Relibilitas Kuesioner 72

4.2.2. Hasil Uji Dimensi EPIC 75

4.2.2.1. Dimensi Empathy (Empati) 75

4.2.2.2. Dimensi Persuasion (Persuasi) 78

4.2.2.3. Dimensi Impact (Dampak) 81

4.2.2.4. Dimensi Communication (Komunikasi)

 

BAB V. PENUTUP

5.1. Kesimpulan ------------------------------------------------------------- 89

5.2.  Saran -------------------------------------------------------------------- 91

 

DAFTAR PUSTAKA -------------------------------------------------------------------

LAMPIRAN ------------------------------------------------------------------------------

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang Masalah

Dalam era teknologi dan persaingan pasar yang makin ketat sekarang ini, limpahan informasi dan terbukanya peluang untuk mengakses informasi membuat konsumen makin kritis dalam memilih produk. Agar dapat unggul dalam persaingan, salah satu jalan yang ditempuh oleh perusahaan adalah dengan kemampuan mengelola dan menyampaikan informasi kepada konsumennya dimana salah satu wujudnya adalah melalui kegiatan pengiklanan (advertising).

Advertising yang tepat sasaran (efektif) dapat digunakan oleh perusahaan/ produsen dan biro iklan untuk mempengaruhi persepsi dan preferensi konsumen terhadap berbagai merek produk di pasar yang pada akhirnya juga menjadi salah satu faktor penting dalam proses pengambilan keputusan oleh konsumen untuk memilih produk. Selain sebagai alat penyampaian pesan (informasi), advertising yang dilakukan haruslah mampu bersaing dengan berbagai kegiatan periklanan perusahaan pesaing serupa untuk memenangkan minat konsumen serta mempertahankan image perusahaan itu sendiri.

INGIN MEMILIKI FILE CONTOH SKRIPSI INI?? HANYA DENGAN RP. 35.OOO, 

ORDER VIA CHAT WA.


NOMOR FILE SKRIPSI : Manajemen Pemasaran 3



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kata Pembuka Sidang Skripsi dan Presentasi

Contoh skripsi: Angkringan dan Mahasiswa” (Suatu studi tentang Pemaknaan Angkringan Oleh Para Mahasiswa Unsoed).

Contoh Skripsi : TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGAWASAN HAKIM OLEH KOMISI YUDISIAL PASCA KELUARNYA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI ATAS UU NO. 22 TAHUN 2004